Tips Memilih Kulkas yang Sesuai Kebutuhan

Share

Tips membeli kulkas - VistaBundaDotCom

Kulkas adalah gadget dapur yang memiliki peran yang semakin penting dalam rumah tangga. Kulkas umumnya digunakan untuk menyimpan makanan agar awet, memproses makanan, dan menyediakan air dingin atau es batu. Beragam merek dengan fitur yang semakin menarik membuat konsumen kewalahan untuk memilih kulkas yang sesuai dengan kebutuhannya. Jika anda bingung untuk memilih salah satu kulkas yang paling sesuai kebutuhan anda, coba ikuti tips membeli kulkas berikut ini.

1. Kapasitas
Kapasitas sebuah kulkas menunjukkan volume maksimal ruang penyimpanan di dalam kulkas. Untuk mengetahui kapasitas kulkas anda harus melihat spesifikasi fisik kulkas. Dua buah kulkas yang memiliki dimensi luar sama belum tentu memiliki kapasitas isi yang sama. Kapasitas kulkas sangat penting karena harus cukup memuat semua bahan makanan yang akan disimpan.

2. Daya Listrik
Daya listrik yang dibutuhkan sebuah kulkas tergantung pada kapasitas dan efisiensi sebuah kulkas. Anda harus mengetahui daya listrik yang akan dibutuhkan sebuah kulkas dan menyesuaikan dengan ketersediaan daya listrik di rumah anda.

3. Pembagian Ruang
Kulkas dapat terdiri dari satu pintu, dua pintu, tiga pintu atau empat pintu. Pembagian ruang dalam kulkas membantu mengatur penyusunan barang dan makanan dalam kulkas. Jumlah pintu umumnya menunjukkan ukuran kulkas.

4. Dimensi
Jika anda ingin membeli kulkas yang baru sebaiknya anda telah mengetahui dimana akan meletakkan kulkas tersebut. Hal ini untuk memastikan anda memiliki ruang yang cukup untuk menempatkan kulkas yang baru. Apalagi jika anda masih ingin menggunakan kulkas yang lama.

5. Kualitas Material
Kulkas akan dipakai dalam jangka waktu lama. Pastikan anda memilih kulkas yang memiliki bahan bermutu dan tahan lama. Anda dapat membandingkan kelemahan apa yang terdapat pada bahan dan komponen kulkas lama anda.

6. Fitur Lain
Salah satu faktor pembeda sebuah kulkas adalah fitur yang ditawarkan selain dari pendinginan dan pembekuan. Fitur tambahan seperti dispenser air di bagian luar, cetakan es batu yang mudah dituang, child lock, indikator penggunaan listrik, dan lain sebagainya.

7. Harga
Harga sebuah kulkas sangat bervariasi bergantung pada kapasitas, kualitas bahan, fitur, dan merek. Anda harus dapat memilih sebuah kulkas dengan dana yang anda sediakan. Ingat, fungsi utama sebuah kulkas adalah sama yaitu sebagai lemari pendingin. Utamakan mendapatkan kulkas dengan kapasitas sesuai dan kualitas baik dengan dana yang tersedia.

8. GaransiĀ  dan Servis Purna Jual
Sebaiknya anda mencari kulkas dari merek terkenal yang anda anggap memiliki kualitas dan reputasi baik. Hal ini menjamin anda mendapatkan garansi yang memadai dan layanan purna jual yang mudah diakses.