7 Manfaat Gemar Membaca

Share

Manfaat gemar membaca - VistaBundaDotCom

Kebiasaan membaca dapat memberikan banyak manfaat positif bagi seseorang. Membaca dapat menambah wawasan, meningkatkan kreativitas, dan mendapatkan hiburan. Beberapa manfaat gemar membaca antara lain.

1. Menambah Pengetahuan
Semakin banyak membaca maka akan semakin banyak informasi yang diperoleh. Anda bebas menentukan topik apa yang paling anda minati untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan anda.

2. Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menulis
Banyak membaca dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan meningkatkan keterampilan menulis karena membaca dapat menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan berbahasa.

3. Melatih Otak
Dengan membaca otak akan bekerja untuk memahami pesan-pesan yang terdapat dalam setiap kalimat yang dibaca. Sering melatih otak membantu meningkatkan konsesntrasi dan memori (kemampuan mengingat).

4. Mendorong Kreativitas
Banyak membaca akan menambah pengetahuan khususnya di bidang yang disukai. Hal ini dapat menambah kreativitas.

5. Mendorong Kemandirian
Banyak orang yang mampu belajar secara otodidak (tanpa guru), dan hanya mengandalkan banyak membaca dan menerapkan apa yang dibaca.

6. Melawan Kejenuhan
Membaca dapat menghilangkan kejenuhan karena menunggu, dalam perjalanan, atau sedang tidak ingin melakukan aktivitas fisik.

7. Mendapatkan Hiburan
Membaca bisa menjadi media hiburan yang murah dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.