7 Manfaat Arisan

Share

Arisan adalah jenis tabungan berjangka dimana setiap peserta menyetorkan uang dalam jumlah tertentu yang disepakati bersama setiap periode tertentu (biasanya bulanan). Pembayaran tabungan didasarkan atas undian yang dilakukan dalam setiap periode tertentu. Sekali penarikan satu peserta atau lebih akan mendapatkan pembayaran tabungannya. Peserta yang telah mendapatkan pembayaran harus menunggu semua peserta lain mendapatkan pembayaran baru diikutkan dalam undian periode berikutnya. Apakah arisan hukumnya haram? Tidak, arisan tidak haram dalam perspektif agama karena pada dasarnya tidak ada peserta yang dirugikan secara finansial. Setiap peserta dikenakan premi yang sama dan mendapatkan hasil yang sama. Apa manfaat arisan? Berikut beberapa keuntungan mengikuti arisan.

1. Silaturahmi

Arisan bisa menjadi salah satu cara meningkatkan silaturahmi. Peserta arisan biasanya berasal dari komunitas tertentu, misalnya Komunitas RT 01, Guru SDN 07, Keluarga Haji Kosim, dsb. Hal ini akan meningkatkan silaturahmi antar peserta untuk lebih saling mengenal dan mengakrabkan diri.

2. Bersosialisasi
Bagi orang yang sibuk bekerja, ia mungkin jarang bersosialisasi dengan orang lain. Saat di tempat kerja, yang ada hanya relasi kerja dan pembicaraan tentang pekerjaan. Ikut arisan membantu seseorang bersosialisasi dengan komunitas tertentu.

3. Menabung
Jika anda sulit untuk menabung, mengikuti arisan adalah salah satu cara menabung secara berjangka, dimana anda dapat menarik tabungan setahun sekali.

4. Perencanaan Keuangan Sederhana
Mengikuti arisan bisa membantu anda merencanakan untuk membeli sesuatu saat giliran anda mendapat arisan.

5. Membuat Kegiatan yang Bermanfaat
Arisan dapat dibarengi dengan kegiatan positif lainnya seperti pengajian, senam, pelatihan membuat kue, ceramah kesehatan, dsb.

6. Kesempatan Bisnis
Arisan juga dapat dimanfaatkan secara bisnis untuk demo produk, berjualan secara langsung, mencari member jaringan bisnis, dsb.

7. Menghilangkan Kejenuhan
Kegitan arisan dapat menjadi aktivitas yang menghilangkan kejenuhan. Arisan biasanya dilakukan di rumah salah satu peserta, secara bergiliran. Hal ini membuat suasana baru setiap kali penarikan arisan. Arisan juga dapat dilaksanakan di tempat wisata, kafe, restoran tradisional, dsb.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *