Manfaat Minum Jus Tomat bagi Kesehatan

Share

Manfaat minum jus tomat - VistaBundaDotCom

Tomat biasanya dikelompokkan sebagai sayuran. Tomat biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam masakan yang turut menentukan citarasa. Tomat juga dapat dinikmati sebagai buah. Makan buah tomat secara langsung tidak begitu populer, karena rasanya kurang manis sehingga tomat biasa dinikmati sebagai jus tomat dengan tambahan bahan lain yang membuatnya lebih nikmat. Minum jus tomat dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan karena tomat diketahui kaya akan nutrisi berkhasiat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat minum jus buah tomat.

Antioksidan
Likopen adalah antioksidan yang banyak terdapat di dalam buah tomat. Antioksidan adalah zat yang berperan penting dalam mencegah kerusakan sel-sel tubuh karena radikal bebas (dari berbagai polutan dan sinar matahari) yang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Mengurangi Resiko Kanker
Berdasarkan hasil studi, likopen diketahui berkhasiat mencegah beberapa jenis kanker terutama kanker kolorektal, kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Tomat kaya akan vitamin C yang terkenal sebagai nutrisi yang meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Meningkatkan Kebugaran Tubuh
Tomat mengandung kalium (potassium) yang mencegah badan lemah dan lesu serta mencegah kram otot.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan
Tomat mengandung serat pangan (dietary fiber) yang sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Menjaga Kesehatan Mata
Tomat mengandung vitamin A. Vitamin A dikenal sebagai nutrisi penting bagi kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Kulit
Likopen terkenal sebagai antioksidan menjaga kesehatan kulit. Tomat juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang merupakan antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan kulit.

Sumber Vitamin B
Tomat mengandung beberapa macam vitamin B yaitu B1, B2, B3, B5, B6, B12 yang sangat bermanfaat bagi tubuh dalam membantu metabolisma, menjaga kesehatan sistem syaraf, serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.