8 Manfaat Makan Udang

Share

Manfaat makan udang - VistaBundaDotCom

Udang adalah bahan makanan yang lezat, mudah dimasak, dan bergizi tinggi. Udang dapat dimasak dengan direbus, dibakar, digoreng atau dipepes. Bahkan ada tradisi memakan daging udang tanpa dimasak. Mengkonsumsi udang dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi udang.

1. Menjaga Kesehatan Jaringan Tubuh
Udang kaya akan protein yang berperan penting dalam membentuk sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Protein berguna dalam pembentukan sel-sel tubuh baik pada jaringan dalam tubuh, maupun pada jaringan luar seperti kulit, rambut, dan kuku.

2. Mengurangi Resiko Kanker
Mengkonsumsi udang dapat mengurangi resiko kanker karena udang kaya akan mineral selenium yang merupakan antioksidan berkhasiat mencegah mutasi sel akibat radikal bebas. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung selenium sekitar 45 mikrogram yang setara dengan 64,2% kebutuhan harian selenium yang direkomendasikan.

3. Menjaga Mood
Udang kaya akan tryptophan yang merupakan bahan baku penyusun serotonin. Serotonin adalah senyawa yang mempengaruhi mood seseorang. Satu porsi udang (113,40 gram) mengandung sekitar 0,33 gram tryptophan . Nilai ini setara dengan 103% kebutuhan harian tryptophan yang direkomendasikan.

4. Mengurangi Resiko Anemia
Mengkonsumsi udang bisa menurunkan resiko anemia (kurang darah). Udang adalah sumber vitamin B12 dan zat besi yang sangat memadai. Vitamin B12 dan zat besi diperlukan tubuh untuk membuat sel-sel darah merah.

5. Menyehatkan Otak
Udang mengandung bahan yang disebut kolin yang merupakan nutrisi penting bagi otak. Makan udang dapat membantu menyediakan nutrisi otak sehingga menjaga kesehatan dan fungsi otak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit
Udang mengandung astaxanthin yang merupakan karotenoid.  astaxanthin bermanfaat menjaga kesehatan kulit dan melindungi kulit terhadap penuaan dini (premature aging).

7. Menjaga Laju Metabolisma
Laju metabolisma yang tinggi membuat tubuh efektif mencerna makanan untuk menghasilkan energi. Udang mengandung vitamin B3 (niacin) berperan penting dalam proses pencernaan  karbohidrat, lemak, dan protein untuk menghasilkan energi. Udang juga mengandung tembaga dan yodium yang menjaga kesehatan kelenjar tiroid yang membantu mengendalikan laju metabolisma tubuh.

8. Menjaga Kepadatan Tulang

Makan udang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Udang mengandung mineral fosfor yang diperlukan dalam pembentukan tulang.