Khasiat Minyak Pala untuk Pengobatan

Monday, April 9th 2012. | Kesehatan
Share

Salah satu produk olahan buah pala yang bernilai ekonomi tinggi adalah minyak pala. Salah satu kegunaan minyak pala adalah untuk bahan obat. Minyak pala mempunyai banyak manfaat untuk pengobatan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan. Minyak pala telah dikenal sejak zaman dahulu sebagai bahan obat yang serbaguna. Khasiat minyak pala sebagai obat telah digunakan pula sebagai bahan obat pada industri farmasi modern misalnya untuk membuat balsem gosok, sirup obat batuk, minyak urut, dsb. Berikut beberapa manfaat minyak pala untuk mengobati penyakit dan gangguan fisik.

1. Mengobati Nyeri Sendi (Arthritis)
Minyak pala meredakan nyeri sendi dengan memijat bagian sendi yang sakit dengan beberapa tetes minyak pala. Minyak pala memiliki sifat anti-inflamasi (anti-radang)sehingga membantu mengobati rematik jika digunakan sebagai obat luar.

2. Mengobati Sakit Gigi dan Gusi
Ambil 1-2 tetes minyak pala lalu oleskan pada sekitar gigi dan gusi yang sakit menggunakan kapas atau cotton bud. Minyak pala telah digunakan pada beberapa produk pasta gigi.

3. Menghilangkan Capek dan Pegal-Pegal
Minyak pala biasa digunakan sebagai minyak urut atau minyak pijat untuk terapi pijat. Untuk tujuan ini biasanya minyak pala dicampur dengan minyak lainnya. Minyak pala ampuh untuk menyempuhkan pegal-pegal dan memulihkan tubuh rasa capek.

4. Menghilangkan Stress
Minyak pala dapat menstimulasi otak dan syaraf sehingga membantu menghilangkan keletihan mental dan stress. Minyak pala telah digunakan sebagai tonik otak oleh bangsa Yunani dan Romawi sejak ribuah tahun yang lalu.

5. Mengobati Masalah Gangguan Pencernaan
Beberapa tetes minyak pala dicampur dengan sesendok madu dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, dan radang saluran pencernaan (gastroenteritis).

6. Meringankan Hidung Tersumbat dan Radang Tenggorokan
Minyak pala memeliki sifat analgesik (menghilangkan rasa sakit) sehingga digunakan pada berbagai sirup obat batuk.

7. Meringankan Gejala Sakit Perut dan Kembung
Beberapa tetes minyak pala dicampur dengan sesendok madu dapat mengobati ggejala sakit perut dan kembung.

8. Mengobati Iritasi Kulit
Minyak pala bisa digunakan mengobati kulit seperti kadas/kurap dan eksim dengan mengoleskan minyak pala pada kulit yang terinfeksi.

9. Menyembuhkan Nyeri Menstruasi dan Menstruasi Tidak Teratur
Pala telah lama dikenal memiliki khasiat menyembuhkan nyeri mentruasi dan menstruasi yang tidak teratur.

10. Menyembuhkan Dehidrasi
Minyak pala dapat membantu menyembuhkan efek dehidarasi karena diare atau muntah.