8 Manfaat Berkeringat bagi Kesehatan

Share

Manfaat berkeringat - VistaBundaDotCom

Berkeringat saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga atau berjalan kaki mungkin terasa tidak menyenangkan. Keringat identik dengan kegerahan dan bau tidak sedap. Namun berkeringat ternyata bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Apa manfaat berkeringat bagi tubuh kita. Berikut beberapa manfaat dari berkeringat.

1. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Berkeringat adalah salah satu cara untuk membakar kalori. Selain dari berolahraga kita juga dapat membakar kalori dengan mandi uap (sauna) karena mandi uap dapat membuat kita berkeringat dan membakar kalori.

2. Membuang Toksin dari Tubuh
Berkeringat merupakan salah satu cara ekskresi toksin dari tubuh kita. Berkeringat membantu tubuh membersihkan racun dari aliran darah sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan organ-organ penting terutama yang terlibat dalam metabolisma tubuh seperti hati, ginjal, usus, dsb.

3. Menurunkan Suhu Tubuh
Saat diterpa suhu udara panas misalnya karena sinar terik matahari tubuh kita akan berkeringat. Demikian juga setelah melakukan aktivitas fisik misalnya berolahraga tubuh kita berkeringat karena suhu tubuh naik. Berkeringat membantu tubuh kita menurunkan suhu tubuh yang naik karena panas matahari atau karena melakukan aktivitas fisik. Coba rasakan permukaan kulit kita setelah mengeluarkan keringat, maka akan terasa dingin.

4. Menyeimbangkan Cairan Tubuh
Sodium dan potassium merupakan mineral yang penting bagi cairan tubuh. Berkeringat dapat membantu mengurangi kelebihan mineral sodium dan potassium dari tubuh kita.

5. Menyehatkan Kulit
Keringat yang banyak keluar melalui pori-pori kulit akan membantu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit sehingga kulit terasa lebih segar. Keringat juga membantu pengeluaran kelebihan minyak pada kulit dan melarutkan kotoran yang menempel pada kulit sehingga lebih mudah dibersihkan.

6. Meningkatkan Sirkulasi Darah
Saat berkeringat kulit kita biasanya memerah. Hal ini dikarenakan berkeringat menarik lebih banyak darah kea rah kulit luar sehingga meningkatkan sirkulasi darah.

7. Meningkatkan Laju Metabolisma
Metabolisma adalah proses yang dilakukan oleh tubuh kita untuk menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan dan mengubahnya menjadi energi. Berkeringat dapat membantu meningkatkan laju metabolisma tubuh sehingga tubuh membakar kalori dengan lebih efektif.

8. Meredakan Stress
Stress dapat disebabkan oleh ketegangan fisik dan mental. Mengeluarkan keringat dari tubuh ternyata juga bermanfaat mengurangi stress. Berkeringat membantu tubuh menghasilkan hormon endorphin yang bermanfaat menjaga mood dan mengurangi stress.