7 Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan

Share

Biji bunga matahari

Vitamin E adalah salah satu nutrisi penting bagi tubuh kita. Oleh karena itu, memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin E sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Vitamin E banyak tersedia dalam berbagai bahan makanan nabati maupun bahan makanan hewani. Vitamin E banyak terdapat pada bahan makanan dari jenis minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran hijau, buah, telur, dan ikan. Contoh makanan yang mengandung vitamin E antara lain minyak zaitun, minyak kanola, kacang tanah, kacang merah, biji bunga matahari, almond, brokoli, asparagus, alpukat, telur, ikan, udang, dan lain sebagainya. Apa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh kita? Berikut beberapa manfaat vitamin E bagi kesehatan tubuh.

1. Melindungi Sel terhadap Radikal Bebas
Vitamin E dikenal sebagai antioksidan kuat yang bertindak sebagai penangkal reaktivitas radikal bebas. Radikal bebas sangat reaktif sehingga dapat menyebabkan kerusakan sel dan menyebabkan berbagai potensi gangguan kesehatan. Vitamin E berperan menetralkan radikal bebas sehingga stabil dan tidak reaktif.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah
Mendapatkan asupan vitamin E yang cukup dari makanan alami bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Vitamin E memiliki peran sebagai antikoagulan yang mencegah terjadinya  penggumpalan darah yang tidak normal yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Pada dasarnya tubuh kita memiliki sistem imunitas yang aktif melawan penyakit. Vitamin E diketahui turut berperan dalam membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai jenis penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Kulit
Vitamin E dikenal bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Vitamin E dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin E juga membantu mempebaiki kerusakan kulit karena sinar matahari. Banyak produk perawatan kulit yang menggunakan vitamin E sebagai salah satu bahan aktifnya.

5. Menjaga Kesehatan Rambut dan Kuku
Mencukupi kebutuhan asupan vitamin E dari makanan sehat bermanfaat menjaga kesehatan rambut dan kuku. Vitamin E diketahui turut berperan dalam produksi keratin yang merupakan zat penyusun rambut dan kuku.

6. Membantu Pemanfaatan Vitamin K
Salah satu manfaat penting dari vitamin E adalah membantu pemanfaatan vitamin K yang juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan membantu fungsi jaringan dan organ.

7. Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin E juga diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah. Salah satu gejala kekurangan vitamin E adalah kurangnya jumlah sel darah merah.