Manfaat Mewarnai Gambar Bagi Balita (Usia 3 sampai 5 Tahun)

Share

Anak usia 3 – 5 tahun sudah dapat dikenalkan dengan sekolah dan alat tulis. Salah satu aktivitas di sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) atau Kelompok Bermain (Play Group) adalah mewarnai gambar. Para ahli perkembangan anak setuju bahwa banyak manfaat mewarnai gambar bagi balita untuk perkembangannya. Beberapa manfaat mewarnai gambar bagi si kecil antara lain sbb.

1. Membantu Balita Mengenal Warna
Anak akan lebih mudah mengenal warna-warna jika ia sering menggunakannya.

2. Melatih Konsentrasi
Mewarnai gambar membuat anak belajar berkonsentrasi untuk menyelesaikan karyanya dengan sebaik-baiknya tanpa menghiraukan orang-orang di sekitarnya.

3. Melatih Koordinasi Mata dan Tangan
Hasil mewarnai gambar oleh pemula biasanya cenderung kurang sempurna karena anak mengalami kesulitan mewarnai bidang tanpa keluar garis batas atau kesulitan menggosok krayon dalam arah tertentu. Setelah berulangkali melakukannya anak akan menghasilkan karya yang lebih baik seiring meningkatnya kemampuan koordinasi mata dan tangan.

4. Melatih Keterampilan Motorik Halus
Memilih, memegang dan menggunakan krayon membuat anak melatih otot-otot jari, pergelangan tangan dan lengan. Kemampuan motorik otot jari yang baik membantu anak untuk mempelajari hal-hal baru lebih cepat seperti saat belajar menulis, bermain piano, menggunting, mengetik, dsb.

5. Melatih Kreativitas
Mewarnai gambar dapat menjadi media kreativitas anak. Untuk gambar yang sama, anak-anak dapat membuat hasil yang berbeda-beda, karena tiap anak menyukai komposisi warna yang berbeda.