Manfaat Tidur yang Cukup bagi Kesehatan

Share

Tidur merupakan kebutuhan alamiah tubuh. Kurang tidur dapat menyebabkan kantuk dan kehilangan konsentrasi. Tidur memungkinkan tubuh untuk melaksanakan metabolisma secara optimal dan menjaga fungsi organ. Mendapatkan tidur yang cukup membuat tubuh sentiasa bugar untuk melaksanakan aktivitas sehari penuh. Berikut beberapa manfaat kesehatan dari tidur yang cukup.

1. Meningkatkan Kebugaran
Tidur yang cukup dapat meningkatkan produktivitas karena tubuh lebih bugar. Tidur adalah cara paling sederhana dan efektif mengembalikan stamina untuk melanjutkan aktivitas esok hari.

2. Meningkatkan Memori
Tidur dapat meningkatkan daya ingat otak. Saat tertidur otak tetap melakukan aktivitas yang disebut konsolidasi yaitu berupa aktivitas mengingat.

3. Meningkatkan Kreativitas
Setelah tidur secara memadai otak lebih segar dan siap untuk bekerja keras. Tidur juga memperkuat komponen emosional dari memori. Hal ini akan meningkatkan kreativitas dalam berkarya.

4. Meningkatkan Konsentrasi
Kesegaran pikiran dan kebugaran tubuh secara keseluruhan akan meningkatkan konsentrasi dalam beraktivitas. Banyak kasus kecelakan di jalan raya disebabkan oleh supir yang mengantuk. Anak sekolah akan sulit menerima pelajaran jika mengantuk di kelas.

5. Mengurangi Stress
Semua pakar psikologi dan pakar kesehatan setuju bahwa tidur dapat mengurangi stress. Hal ini karena tidur dapat menyegarkan tubuh secara fisik dan mental.

6. Membantu Mengendalikan Berat Badan
Tidur yang cukup membantu mengendalikan hormon yang mempengaruhi selera makan. Beberapa studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan selera makan sehingga meningkatkan resiko kelebihan berat badan.

7. Memperpanjang Usia
Cukup tidur merupakan salah satu elemen utama dalam pola hidup sehat yang dapat memperpanjang usia.

8. Meningkatkan Imunitas
Saat tidur, tubuh menghasilkan lebih banyak molekul protein yang memperkuat kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan menangkal serangan penyakit.