8 Manfaat Vitamin B2 (Riboflavin) bagi Kesehatan

Share

Manfaat vitamin B2 - VistaBundaDotCom

Vitamin B2 dikenal juga dengan nama atau riboflavin. Vitamin B2  adalah salah satu vitamin dari kelompok vitamin B. Vitamin B2 terdapat di dalam berbagai jenis bahan makanan dengan kandungan yang sangat beragam. Contoh makanan yang mengandung B2 antara lain kacang edamame, hati, kerang, daging, brokoli, jamur, asparagus, ikan salmon, dan alpukat.
Kekurangan vitamin B2 dalam tubuh bisa menimbulkan gejala-gejala seperti gangguan pengelihatan, masalah kulit, rambut berminyak, insomnia, gangguan fungsi syaraf, dan gangguan pencernaan.
Berikut bebeberapa manfaat utama vitamin B2.

1. Membantu Metabolisma
Vitamin B2 berperan penting dalam proses metabolisma tubuh untuk menghasilkan tenaga. Sumber energi dari makanan dapat berupa karbohidrat, protein, atau lemak. Vitamin B2 membantu proses metabolisma karbohidrat, protein dan lemak.

2. Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin B2 bermanfaat membantu pembentukan sel darah merah yangsangat diperlukan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Tersedianya sel darah merah yang cukup sangat penting untuk menjamin fungsi organ berlangsung secara normal.

3. Melindungi Syaraf
Vitamin B2 bermanfaat menjaga kesehatan syaraf. Salah satu gejala kekurang vitamin B2 adalah gangguan fungsiu syaraf. Vitamin B2 dapat membantu mengobati masalah gangguan syaraf seperti  penyakit Alzheimer, multiple sclerosis, kecemasan dan epilepsi.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan
Vitamin B2 bermanfaat menjaga system pencernaan. Salah satu gejala kekurangan vitamin B2 adalah gangguan pencernaan. Vitamin B2 membantu melindungi membrane mukosa usus.

5. Menyembuhkan Luka
Vitamin B2 bermanfaat membantu mempercepat pemulihan kluka dan memar karena memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

6. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Kuku
Vitamin B2 bermanfaat menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Kekurangan asupan vitamin  B2 dapat menyebabkan gangguan kesehatan jaringan luar seperti dermatitis, bibir kering, rambut berminyak, kulit kepala berketombe, dan kuku pecah.

7. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin B2 bermanfaat mempertahankan ketajaman pengelihatan. Defisiensi vitamin B2 dapat menyebabkan perubahan sensitivitas mata terhadap cahaya. Pemberian vitamin B2 dapat membantu penderita gangguan pengelihatan seperti mata lelah, katarak, dan glaukoma.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Vitamin B2 bermanfaat mempurkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit karena vitamin ini membantu memperkuat antibodi.