8 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Share

Menjaga kesehatan ginjal - VistaBundaDotCom

Ginjal adalah organ yang berperan penting dalam proses metabolisma tubuh. Ginjal memiliki peran sebagai penyaring darah dari racun dan limbah sisa metabolisma tubuh. Limbah ini yang tersaring selanjutnya dibuang melalui urin. Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, antara lain sbb.

1. Minum Minimal 8 Gelas Air Putih Sehari
Air membantu ginjal membuang toksin dan limbah metabolisma. Banyak minum air putih meringankan kerja ginjal menyaring darah. Cara terbaik minum air putih adalah minum segelas air putih beberapa kali dengan jarak waktu tertentu. Kurang konsumsi air putih juga dapat menyebabkan batu ginjal.

2. Upayakan Berat Badan Normal
Kelebihan berat badan meningkatkan resiko penyakit yang menyebabkan komplikasi gangguan ginjal seperti diabetes, penyakit darah tinggi, penyakit jantung, dll.

3. Makan Makanan Sehat Seimbang

Kurang gizi dapat menyebabkan bermacam gangguan kesehatan termasuk gangguan fungsi ginjal. Sayur dan buah banyak mengandung vitamin, mineral dan serat dalam porsi yang aman untuk membantu menjaga kesehatan tubuh.

4. Berolahraga Teratur
Olahraga membantu menyehatkan sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Penyakit kardiovaskular merupakan salah satu faktor resiko penyakit ginjal.

5. Cek Tekanan Darah Secara Berkala
Tekanan darah di atas normal dapat menyebabkan penyakit ginjal. Oleh karena itu disarankan untuk memeriksakan tekanan darah secara berkala minimal 6 bulan sekali untuk orang yang sehat.

6. Batasi Asupan Sodium dari Makanan
Sodium terdapat dalam garam dapur (sodium klorida). Kelebihan sodium dalam tubuh tidak hanya dapat meyebabkan naiknya tekanan darah tetapi juga secara langsung membebani kerja ginjal untuk membuang kelebihan sodium tersebut.

7. Tidak Menahan BAK (Buang Air Kecil)
Menahan buang air kecil dapat memperlambat kerja ginjal. Menahan buang air kecil juga menyebabkan orang kurang minum air putih sehingga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal.

8. Kurangi Minum Minuman yang Mengandung Gula
Kadar gula darah (glukosa darah) terlalu tinggi harus segera dikurangi melalui urin. Semakin banyak atau semakin sering seseorang minum minuman bergula semakin berat kerja ginjalnya.