Tips Membuat Jus yang Lebih Segar

Share

Salah satu kelebihan jus dari buah atau sayur utuh adalah kesegaran saat menikmatinya. Kesegaran jus dapat menggantikan kenikmatan minuman berkalori lainnya seperti kopi, teh manis, sirup, softdrink, dsb dengan tambahan nilai gizi yang terdapat dalam buah atau sayuran. Agar jus buah atau jus sayur lebih menyegarkan dan mengundang selera, ada baiknya diperhatikan bagaimana cara membuat jus yang lebih segar. Berkikut ini beberapa tips membuat jus lebih segar.

  • Pilih bahan berupa buah atau sayur yang masih segar. Jika menggunakan buah matang, pilihlah buah yang matang alami dan tidak terlalu matang. Buah yang terlalu matang, rasa dan aromanya agak asam dan tidak segar.
  • Kombinasikan bahan jus secara seimbang. Bahan tertentu dalam jus kadang diperlukan untuk memberikan tekstur, rasa, dan aroma yang disukai. Jika meggunakan bahan campuran buah dan sayuran,  buah dapat memberikan rasa manis dan asam sedangkan sayuran merupakan bahan dasar jus. Jika menggunakan campuran buah saja, kombinasikan antara buah manis dan buah asam, kombinasikan juga antara buah yang berbau tajam dengan yang tidak berbau tajam.
  • Gunakan buah sitrus, sari buah, atau sirup. Buah sitrus seperti jeruk, lemon dan anggur dapat memberikan rasa asam manis pada jus buah atau jus sayuran yang tidak begitu berasa di lidah. Buah sitrus bisa digantikan oleh sari buah atau sirup.
  • Gunakan pemanis secukupnya. Pemanis bisa berupa sari buah, sirup, madu, atau gula. Jangan menggunakan pemanis secara berlebihan. Tujuan pemberian pemanis adalah untuk menambah rasa hanya jika jus terasa kurang enak dilidah. Jika terlalu banyak pemanis maka akan menghilangkan rasa segar buah atau sayuran. Selain itu gula dapat menambah kalori pada jus yang justru tidak dikehendaki kebanyakan orang.
  • Tambahkan es. Es batu dapat ditambahkan langsung pada campuran bahan jus saat diblender, atau ditambahkan kemudian setelah jus selesai dibuat. Selain menambah kesegaran menikmatinya, es juga berperan menjaga kandungan gizi sari makanan yang terdapat buah atau sayuran yang telah dibuat jus.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *