Membuat Lontong Bungkus Plastik

Share

Cara membuat lontong bungkus plastik - VistaBundaDotCom

Lontong merupakan komponen penting beberapa masakan tradisional seperti sate, gado-gado, soto, dan lain-lain. Lontong sebenarnya adalah nasi yang dimasak secara padat. Untuk membuat nasi menjadi padat diperlukan kemasan atau pembungkus saat memasaknya. Secara tradisional lontong dimasak menggunakan bungkus ketupat janur atau daun pisang. Namun sekarang plastik telah menjadi pembungkus lontong yang cukup populer. Berikur resep membuat lontong bungkus plastik.

Bahan

  • Plastik kemasan ½ kg
  • Beras
  • Air (untuk merebus lontong)

Cara Membuat Lontong Bungkus Plastik

  1. Siapkan beberapa kantong plastik kemasan. Buat kira-kira 10 lubang (tembus kedua sisi) pada masing masing plastik menggunakan tusuk sate.
  2. Cuci beras, lalu tiriskan.
  3. Isi masing-masing kantong plastik kira-kira 1/3 ketinggian kantong plastik. Ikat ujung atasnya.
  4. Masukkan plastik-plastik beras kedalam panci yang berisi air yang cukup untuk merendam semua plastik beras.
  5. Rebus di atas kompor dengan api agak kecil selama 2 – 3 jam. Tambahkan air setiap satu jam atau jika air dalam panci berkurang supaya plastik lontong tetap terendam.
  6. Matikan kompor jika lontong sudah matang dan padat. Angkat dan tiriskan lontong. Biarkan lontong dingin secara alami.
  7. Setelah dingin lontong siap diiris dan disajikan dengan berbagai hidangan.

Tips Membuat Lontong Bungkus Plastik
Volume beras yang dimasukkan ke dalam kantong plastik kira-kira 1/3 volume plastik. Untuk jenis beras yang tidak begitu mengembang, atau beras yang terlalu lunak bisa jadi volume beras untuk membuat lontong yang ideal lebih dari 1/3 volume plastik