Tips Menemani Balita (Usia 3 – 5 Tahun) Bermain Puzzle

Share

Adakalanya si kecil kurang percaya diri jika menyusun puzzle sendirian. Jika ia meminta anda untuk menemaninya bermain puzzle, seharusnya anda bersedia menemaninya. Bukankah saat bermain adalah salah satu kesempatan terbaik berinteraksi dengan si kecil? Berikut beberapa tips menemani si kecil menyusun puzzle.

1. Buatlah Komunikasi
Ajaklah si kecil berkomunikasi dan berinteraksi. Jangan melakukan pekerjaan lain. Komunikasi yang baik membantu anak lebih terbuka untuk mengungkapkan ide-idenya.

2. Beri Motivasi
Beri dorongan agar anak melakukannya dengan sabar dan tekun. Anak senang mendapatkan motivasi. Motivasi membantu anak lebih percaya diri.

3. Beri Penghargaan
Berilah komentar positif atas setiap usaha anak dan berilah pujian atas setip keberhasilannya menyusun keping puzzle. Jangan sekali memarahi atau memberi komentar negatif atas kesalahan memasang keping puzzle. Memarahi dan berkomentar negatif hanya membuat si kecil frustasi.

4. Jangan Memberi Target
Anak anda tidak sedang bekerja untuk anda. Sekalipun si kecil gagal menyusun puzzle secara sempurna, tetap ada hal-hal positif yang ia dan anda peroleh, si kecil telah belajar sesuatu dan anda telah memberi perhatian kepadanya. Anda dan si kecil telah menghabiskan waktu secara positif dan menyenangkan dalam kebersamaan yang mungkin akan diingat seumur hidupnya.

5. Bantulah Anak Jika Diminta
Perhatikan aktivitas anak, biarkan ia mencoba kemampuannya sendiri untuk menyelesaikan menyusun puzzle. Ingat, tujuan edukatif bermain puzzle adalah untuk melatih keterampilan dan bukan untuk menyelesaikan “sebuah pekerjaan”.

6. Jangan Memberi Bantuan secara Langsung
Bantulah anak dengan memberi petunjuk agar anak dapat memasang sendiri keping puzzle dengan tepat. Bantulah dengan memberi pemahaman logis misalnya dengan mengarahkan untuk memasang keping yang mudah terlebih dahulu, menjelaskan bentuk roda pasti bulat atau menjelaskan bola mata biasanya berwarna hitam putih, dsb.