Tips Memotivasi Anak Untuk Menabung

Share

Tips memotivasi anak untuk menabung - VistaBundaDotCom

Belajar menabung sejak dini sangat bermanfaat bagi anak-anak. Hal ini akan membantu anak lebih bijak dan memiliki perencanaan dalam mengelola keuangan pribadi. Orang tua dapat membantu memberikan motivasi kepada anak untuk menabung. Bagaimana cara memotivasi anak untuk menabung? Berikut beberapa tips sederhana mendorong anak untuk menabung.

1. Berikan Celengan yang Disukai Anak
Menabung dalam celengan adalah cara yang paling sederhana untuk mengenalkan tabungan pada anak. Ajak anak memilih sendiri celengan yang disukainya supaya tabungan menjadi properti kebanggaan anak.

2. Jelaskan Manfaat Menabung
Berikan penjelasan mengenai manfaat menabung. Anak biasanya akan mudah diminta melakukan sesuatu jika ia mengetahui manfaatnya. Penjelasan ini akan membantu anak memahami mengapa setiap orang disarankan untuk menabung.

3. Sarankan Anak Menabung dari Uang Saku
Dorong anak untuk menyisihkan sebagian dari uang saku harian untuk ditabung. Hal ini akan memberikan rasa berkorban pada anak sehingga meningkatkan rasa memiliki akan tabungannya.

4. Bantu Anak Merencanakan Tabungan
Ajak anak merencanakan penggunaan tabungan. Hal ini akan menambah semangat anak untuk segera mewujudkan rencana tersebut misalnya untuk membeli mainan, alat sekolah, alat musik, dsb.

5. Ajarkan Anak untuk Menghargai Uang
Jelaskan kepada anak bahwa: untuk mendapatkan uang seseorang harus bekerja keras dengan mengorbankan tenaga, waktu, dan pikiran. Salah satu cara mengumpulkan uang dalam jumlah banyak adalah dengan menabung.

6. Ajarkan Anak Berhemat
Salah satu cara untuk meningkatkan tabungan adalah dengan berhemat. Ajari anak untuk berhemat. Uang yang tersedia tidak harus dihabiskan. Semakin banyak yang bisa dihemat maka semakin banyak yang bisa ditabung.

7. Jadikan Menabung sebagai Aktivitas yang Membanggakan bagi Anak
Berikan penghargaan dan pujian atas usaha anak menabung misalkan dengan menjanjikan celengan yang lebih besar dan lebih bagus, atau membuka rekening tabungan anak di bank. Menanyakan tentang tabungan atau membahas mengenai tabungan anak dapat menambah kebanggaan anak untuk menabung.