Tips Membeli Tas Bayi

Share

Tas bayi atau tas popok (diaper bag) adalah salah satu kebutuhan utama ibu dan bayi yang diperlukan untuk membawa keperluan bayi saat bepergian. Seringkali tas bayi ini sudah disiapkan sang ibu sebelum bayinya lahir. Jika anda sudah pernah membeli tas bayi sebelumnya, maka anda sudah memiliki gambaran tentang tas bayi yang tepat untuk anda. Jika anda belum pernah memiliki tas bayi sebelumnya, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

1. Tentukan Anggaran
Tas bayi tersedia di pasaran dengan harga yang sangat bervariasi yang umumnya bergantung pada kualitas, merk, bahan dan ukuran. Harga tas bayi tersedia mulai dari puluhan ribu sampai ratusan ribu rupiah. Di toko tersedia banyak tas bayi yang mahal-mahal dan penjual cenderung untuk membujuk anda untuk membeli tas bayi yang mahal yang yang fungsinya sama saja. Jika anggaran anda terbatas,  utamakan spesifikasi yang dibutuhkan sebelum model dan merk.

2. Tentukan Ukuran Tas Bayi
Tas bayi akan diisi dengan pakaian dan keperluan lainnya. Anda akan memerlukan tempat yang cukup untuk membawa beberapa popok, baju, kain lap, dsb. Bayangkan volume yang anda perlukan untuk membawa sejumlah barang-barang tersebut.

3. Pilih Tas Bayi yang Nyaman Dibawa
Model tas bayi kadang menentukan cara membawanya. Biasanya tas bayi bisa dibawa dengan dijinjing dan disandang/digendong. Pilih tas bayi yang tali (strap) pegangan dan tali sandang yang memiliki bantalan tebal dan empuk sehingga enak dijinjing dan nyaman disandang atau digendong untuk tipe ransel (tas punggung).

4. Pilih Tas Bayi dengan Ruang yang Cukup
Anda mungkin akan memerlukan beberapa ruang untuk memisahkan barang bawaan berdasar kategori tertentu untuk memudahkan saat menata dan menemukan kembali barang yang diperlukan dalam perjalanan. Anda mungkin akan memerlukan ruang popok, ruang pakaian bersih, ruang pakaian kotor, dsb.

5. Pilih Tas Bayi yang Memiliki Kantong-Kantong Di Luar.
Kantong-kantong di bagian luar tas diperlukan untuk menyimpan keperluan yang sering digunakan misalnya botol susu, kain lap, tissue, dsb.

6. Pilih Tas Bayi dengan Bahan yang Baik
Pilih tas bayi yang terbuat dari bahan cukup kuat, mudah dibersihkan dengan dilap, serta nyaman disentuh dikulit.

7. Pilih Bentuk dan Model Tas Bayi yang Anda Suka
Apapun bentuk tas bayi dan model tas bayi yang anda suka terserah anda, namun ada dua hal yang perlu dipertimbangkan yaitu tas bayi semestinya bisa sewaktu-waktu dibawa tanpa dipegang dan tas sebaiknya bisa berdiri kokoh jika tanpa sandaran agar susu atau cairan lainnya dalam botol tidak tumpah.

8. Pertimbangkan untuk Mendapatkan Asesoris Tambahan
Pertimbangkan juga untuk mendapatkan asesoris tambahan pada tas bayi anda seperti tempat botol dengan isolasi panas,  perlak (alas), gendongan bayi, dsb. Tentu saja anda bisa membelinya secara terpisah. Beberapa produk menyediakan barang-barang tambahan tersebut bukan sebagai asesoris asli (bawaan) tas tersebut tetapi sebagai bonus.