Tips Membacakan Cerita untuk Si Kecil

Share

Membacakan cerita memberikan banyak manfaat bagi perkembangan kecerdasan si kecil. Agar mendengarkan cerita memberikan kesan dan tidak membosankan bagi anak, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut beberapa tips membaca cerita atau membaca dongeng untuk si kecil.

1. Pilih Buku Cerita yang Sesuai
Pilih buku cerita yang sesuai dengan usia anak. Untuk balita, pilih buku cerita yang pendek dan mempunyai ilustrasi gambar.

2. Pastikan Anak Sudah Siap Mendengarkan
Jangan memulai cerita jika anak belum siap mendengarkan. Anak akan sulit memahami cerita jika ia tidak berkonsentrasi. Jika dari awal anak kesulitan mengikuti cerita, ia merasa malas untuk mendengarkan kelanjutannya.

3. Perkenalkan Buku Cerita
Tunjukkan buku cerita, bacakan judul, nama penulis, dan keterangan singkat cerita misalnya asal usul cerita. Pastikan anak paham arti judul cerita.

4. Bacakan Cerita dengan Perlahan dan Jelas
Pastikan anak memahami kalimat-kalimat yang anda bacakan. Jika ada kata yang tidak dipahami anak, beri penjelasan.

5. Tunjukkan Gambar yang Ada dalam Buku
Gambar memperjelas pemahaman anak akan karakter, suasana, dan setting cerita. Gambar juga bisa membuat imajinasi anak lebih hidup.

6. Mainkan Peran untuk Masing-Masing Karakter
Usahakan membuat suara yang berbeda untuk tiap karakter. Jika anda menirukan suara harimau sedang berbicara, selingi dengan suara mengaum khas seekor harimau. Saat memerankan seekor burung yang sedang terbang, gunakan gerakan tangan seperti burung mengepakkan sayap.

7. Variasikan Nada Suara
Atur tinggi rendah suara sesuai suasana yang diperlukan. Kicauan burung bersuara lembut sedangkan raksasa bersuara besar. Sesekali buat kejutan misal saat menirukan suara petir atau suara balon pecah.

8. Buatlah Interaksi
Mintalah pendapat anak mengenai sebuah peristiwa, misalnya dengan bertanya “bagaimana perasaan ibu ayam saat mengetahui telur-telurnya hilang semua???” Anak-anak suka diajak membuat suara-suara unik seperti suara harimau, kucing, bebek dsb. Ajak mereka menirukan suara-suara unik tsb.

9. Berikan Kesimpulan di Akhir Cerita
Sampaikan pesan cerita misalnya berbohong adalah perbuatan yang tidak baik, menolong sesama adalah perbuatan mulia, dsb.

10. Motivasi Anak untuk berbuat Positif
Berdasarkan pelajaran dari cerita, dorong anak untuk memiliki sifat dan sikap baik dalam hidupnya.