Apa Manfaat Menabung Bagi Anak?

Share

Celengan

Menabung sangat bermanfaat sehingga sangat dianjurkan pada siapa saja sebagai salah satu strategi pengelolaan keuangan. Orangtua sebaiknya mendorong anak menabung sejak dini agar mereka terlatih mengelola uang secara bijaksana. Belajar menabung dapat memberikan beberapa manfaat bagi anak.

1. Menghargai Uang
Dengan menabung anak akan merasakan susahnya dan lamanya mengumpulkan uang. Anak juga akan merasakan bahwa uang yang sedikit dapat sangat berarti untuk menambah jumlah tabungan.

2. Belajar Mengatur Uang Sendiri
Menabung membuat anak belajar mengatur keuangan pribadi. Ia akan menentukan kapan akan menabung dan seberapa yang akan ditabung.

3. Belajar Perencanaan Keuangan

Dengan menabung, anak akan memiliki rencana keuangan jangka panjang. Ia akan memiliki target seberapa uang yang akan dikumpulkan dan akan digunakan untuk apa jika tabungan sudah mencukupi.

4. Motivasi untuk Hemat
Anak yang menabung cenderung berusaha untuk menambah tabungannya. Hal ini membuat anak mencoba berhemat dengan menahan keinginan menghabiskan uang saku.

5. Belajar Disiplin
Menabung mengajarkan anak untuk berdisiplin. Menabung memerlukan disiplin untuk menyisihkan sebagian uang yang dimiliki setiap saat menerima uang.