6 Manfaat Tidur Bersama Bayi (Bagi Ibu dan Bayi)

Share

Manfaat tidur bersama bayi - VistaBundaDotCom

Bayi yang tidur dekat ibu cenderung mendapat perhatian lebih daripada jika bayi tidur terpisah dari ibu. Tidur bersama antara ibu dan bayi tidak hanya bermanfaat bagi bayi, tetapi juga bermanfaat bagi ibu. Berikut beberapa manfaat tidur bersama, bagi ibu dan bayi.

1. Ibu dan Bayi Tidur Lebih Nyaman
Bayi akan merasa lebih nyaman jika tidur bersama ibu karena ia selalu dapat merasakan  sentuhan ibu. Ibu tidak dapat tidur lebih nyaman karena setiap saat dapat menjaga bayi.

2. Memberi ASI Lebih Mudah

Tidur bersama bayi memberi kemudahan bagi ibu untuk memberikan ASI sehingga bayi akan selalu mendapatkan ASI saat ia lapar.

3. Ibu dan Bayi Tidur Lebih Teratur
Umumnya bayi tidur secara teratur sehingga ibu juga akan cenderung tidur teratur pula.

4. Bayi Mendapat Perawatan yang Segera
Jika bayi rewel karena pipis, digigit nyamuk, kepanasan, atau karena alasan lain, ibu dapat dengan segera memberikan perawatan dan perhatian kepada bayi.

5. Mendapatkan Kebersamaan

Jika ibu bekerja jauh dari rumah di siang hari, maka malam hari adalah kesempatan terbaik bagi ibu dan bayi untuk menghabiskan waktu bersama yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak.

6. Membantu Pertumbuhan Bayi yang Sehat

Bayi yang mendapatkan perhatian yang cukup saat tidur, cenderung jarang bangun atau rewel saat tidur. Tidur nyenyak sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi.