5 Manfaat Bermain Boneka bagi Balita

Share

Manfaat bermain boneka - VistaBundaDotCom

Balita khususnya balita perempuan suka bermain boneka. Boneka adalah karakter yang mewakili makhluk hidup yang dapat diajak berkomunikasi dan memerlukan perhatian serta kasih sayang. Bermain dengan boneka dapat memberikan manfaat bagi perkembangan si kecil. Berikut beberapa manfaat main boneka.

1. Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus

Memberi makan, memberi botol susu, mengganti pakaian boneka, dan aktivitas bermain boneka lainnya melatih keterampilan motorik halus karena melibatkan gerakan-gerakan jari-jari tangan.

2. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar
Bermain boneka juga melibatkan keterampilan motorik kasar karena melibatkan gerakan tangan, lengan, dan kaki misalnya saat menggendong boneka, memindahkan atau mengambil barang-barang keperluan boneka.

3. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa
Boneka adalah mainan yang pantas untuk diajak berbicara. Anak akan berinteraksi dengan boneka seolah bonekanya dapat memahami bahasa manusia. Saat berbicara dengan boneka anak akan mengeluarkan ide-ide dan pemikirannya secara bebas sehingga melatih keterampilan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi.

4. Meningkatkan Keterampilan Sosial
Boneka dapat dimainkan secara bersama-sama dalam kelompok. Anak akan saling berdiskusi membahas aktivitas dengan boneka masing-masing. Kadang-kadang anak-anak tersebut menyusun sebuah skenario peran masing-masing boneka untuk dimainkan bersama. Tidak jarang pula anak akan membuka komunikasi dengan ibu mengenai kondisi bonekanya.

5. Melatih Kemandirian
Anak-anak biasanya tidak suka diajari bagaimana memperlakukan bonekanya. Anak-anak akan berusaha merawat bonekanya sesuai dengan kemampuannya. Adakalanya ibu tidak harus terlibat dalam permainan, cukup mengawasi saja.