Tips Menghilangkan Bau Mulut

Share

Bau mulut tak sedap dapat menghilangkan rasa percaya diri dalam pergaulan. Bau mulut tak sedap juga dapat membuat orang-orang di sekitar anda terganggu. Ada beberapa cara yang dapat anda coba untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Berikut beberapa tips yang bisa anda coba.

1. Sikat Gigi
Menyikat gigi adalah cara terbaik untuk merawat gigi. Menyikat gigi dapat membersihkan gigi dari sisa makanan. Pada umumnya pasta gigi mengandung zat pembersih, antikuman, dan penyegar mulut.

2. Bersihkan Lidah

Bau tak sedap tidak hanya berasal dari gigi. Lidah juga dapat menjadi kotor dan ditempati oleh bakteri yang menyebabkan bau mulut. Membersihkan lidah dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah setelah menggosok gigi dapat mengurangi bau mulut.

3. Berkumur
Berkumur adalah membilas semua permukaan di dalam mulut. Berkumur dapat membuang sisa makanan yang melekat pada gigi dan gusi. Lebih baik lagi jika berkumur menggunakan obat kumur yang mengandung anti-bakteri dan penyegar mulut. Berkumur dengan obat kumur dapat membunuh bakteri mulut sekaligus memberikan nafas lebih segar.

4. Kunyah Permen Karet
Mengunyah permen dapat merangsang produksi air liur sehingga mengurangi kekeringan mulut. Beberapa jenis permen karet mengandung zat pembunuh kuman dan penyegar mulut. Bahkan varian lebih baru dari permen karet lebih aman bagi gigi karena tidak mengandung gula yang dapat merusak gigi.

5. Makan Buah Pencuci Mulut Setelah Makan
Makan buah seperti pisang, semangka, apel, melon, dsb dapat mengurangi bau bumbu makanan. Mengunyah buah juga dapat melepaskan serpihan makanan yang melekat pada permukaan gigi dan gusi.

6. Jaga Mulut Tetap Basah
Mulut kering cenderung berbau tidak sedap. Hal ini dikarenakan mulut yang kering menjadi tempat yang lebih cocok bagi bakteri untuk berkembang. Minum air putih, jus, atau minuman lainnya, tidak hanya menghidrasi tubuh secara keseluruhan tetapi juga mengurangi resiko mulut bau.

7. Periksa Kesehatan Gigi dan Mulut
Mulut bau dapat disebabkan oleh gigi berlubang dan radang gusi. Namun bau mulut juga dapat disebabkan berbagai gangguan saluran pernapasan dan sistem pencernaan. Jika berbagai cara di atas telah dilakukan tetapi napas tetap bau, sebaiknya periksakan diri ke dokter.