Manfaat Yogurt bagi Kesehatan

Share

Manfaat yogurt - VistaBundaDotCom

Yogurt (yoghurt) adalah bahan makanan yang terbuat dari fermentasi (peragian) susu. Yogurt dapat menjadi sumber nutrisi baik bagi tubuh karena mengandung, protein, mineral (kalsium, fosfor, magnesium, kalium, seng), dan vitamin-vitamin. Yogurt juga mengandung kultur aktif berupa mikroorganisme yang baik bagi tubuh. Khasiat yogurt untuk kesehatan telah banyak diteliti oleh ahli gizi. Berikut beberapa manfaat kesehatan yogurt.

1. Menyediakan Banyak Nutrisi
Yogurt memberikan segala kebaikan susu dengan beberapa tambahan khasiat. Yogurt merupakan bahan makanan yang kaya protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6, B12, vitamin K, niasin dan asam folat. Selain itu, bakteri baik dalam yogurt juga memproduksi vitamin-vitamin dan enzim-enzim.

2. Meningkatkan Penyerapan Mineral oleh Tubuh
Supaya mineral-mineral dari makanan dapat diserap oleh tubuh dengan baik, diperlukan vitamin-vitamin. Misalnya, supaya zat besi dapat diserap tubuh dengan baik, diperlukan sejumlah tertentu asam folat. Karena yogurt menyediakan banyak vitamin dan laktobasilus sendiri menghasilkan vitamin dan enzim, maka penyerapan mineral oleh tubuh lebih efektif.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Yogurt mengandung kultur aktif berupa mikroorganisme (Lactobacillus acidophilus, Bifidobacteria, dll) yang membunuh bakteri dan jamur berbahaya di usus.

4. Mencegah Kanker Kolon (Kanker Usus Besar)
Kanker kolon atau kanker usus besar dapat disebabkan oleh menumpuknya toksin (racun) di usus besar. Toksin tersebut dapat berasal dari proses pencernaan makanan maupun toksin eksogen (berasal dari luar tubuh) yang dihasilkan oleh bakteri dan jamur. Makan yogurt secara teratur dapat menangkal bakteri “jahat” yang bisa menyebabkan kanker usus besar.

5. Mengatasi Intoleransi Laktosa
Bakteri “baik” dalam yogurt menghasilkan laktase, suatu enzim yang mencerna laktosa atau gula susu. Orang-orang yang tidak dapat mencerna laktosa dapat mengkonsumsi yogurt sebagai pengganti susu.

6. Mengobati diare karena antibiotik
Menelan antibiotik dapat memberantas bakteri “jahat” maupun bakteri “baik”, sehingga menyebabkan diare. Makan yogurt secara teratur setelah pengobatan dengan antibiotik akan membantu mengembalikan populasi bakteri “baik” di usus.

7. Meningkatkan Kesehatan Urogenital
Jika usus anda banyak mengandung bakteri “jahat”, bakteri “jahat” tersebut bisa masuk ke aliran darah. Mikroba-mikroba berbahaya ini dapat mencapai ginjal atau sistem urogenital (sistem saluran kemih dan kelamin), menyebabkan infeksi saluran kemih. Karena bakteri “baik” dalam yogurt membunuh bakteri “jahat” di usus maka bakteri “baik” tersebut juga berperan dalam menjaga kesehatan organ-organ urogenital.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *