Bagaimana Caranya Minum Lebih Banyak Air Putih

Share

Tips banyak minum air putih - VistaBundaDotCom

Tips Minum Lebih Banyak Air Putih
Umumnya dokter menyarankan agar setiap orang dewasa minum setidaknya 2 liter (8 gelas standar 250 cc) air sehari. Bagi sebagian orang minum air sebanyak itu sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Namun bagi sebagian orang lainnya, minum air “sebanyak” itu merupakan saran yang memberatkan. Jika anda merasa masih kurang mengkonsumsi air putih,  beberapa tips untuk minum lebih banyak air putih berikut ini mungkin bisa anda coba:

1. Tingkatkan Frekuensi Minum
Cara sederhana yang mudah diukur untuk meningkatkan asupan air adalah dengan minum lebih sering dari kebiasaan sebelumnya. Caranya, hitung berapa gelas air yang biasa anda minum setiap hari, lalu tambahkan berapa gelas lagi sesuai target. Misalnya anda biasanya minum 6 gelas setiap hari, maka cobalah menambahkan 2 gelas lagi setiap hari jika anda mentargetkan 8 gelas air putih sehari.

2. Gunakan Gelas yang Lebih Besar
Jika anda sudah mempunyai kebiasaan minum pada waktu-waktu tertentu dan sulit untuk menambah frekuensi  minum anda lebih sering lagi, cobalah minum dengan gelas yang lebih besar. Jika anda minum setiap hari 6 gelas air menggunakan gelas 250 cc maka total air yang anda minum setiap hari adalah 1500 cc (1,5 liter). Jika anda menggunakan gelas yang lebih besar misalnya gelas 330 cc, total air yang anda minum setiap hari adalah 6 x 330 cc = 1980 cc (1,98 liter).

3. Selalu Sediakan Air Putih di Depan Anda
Sediakan air putih di depan anda, baik di rumah, di tempat kerja, dalam perjalanan, dan di manapun anda berada. Tidak ada alasan lagi bagi anda untuk lupa minum air putih.

4. Ganti Minuman Manis dengan Air Putih
Minum air manis (minuman berkalori) memang lebih nikmat daripada minum air putih. Namun, jika anda kebanyakan minum air manis (kopi, teh, sirup, dsb) dan kurang minum air putih dapat mengganggu keseimbangan kimia cairan darah dan urin sehingga menimbulkan efek  tidak baik bagi kesehatan untuk jangka panjang (misalnya penyakit ginjal). Maka kurangilah minum air manis tersebut dengan cara menggantinya dengan air putih. Sebagai batasan kasar anda harus minum air putih lebih banyak daripada air manis.

5. Minum Air Putih Bersama Minuman Lain
Jalani prinsip minum air putih dulu sebelum minum minuman manis. Jika anda ingin minum softdrink, kopi, teh, jus, dsb, minum segelas air putih terlebih dahulu.

6. Berolahraga
Olahraga dapat membantu anda minum lebih banyak air karena tubuh anda memang membutuhkannya untuk mengganti cairan yang keluar saat berkeringat, menurunkan suhu tubuh, serta merelaksasi otot-otot. Jika anda merasa haus hal tersebut merupakan sinyal bahwa tubuh anda sedang mengalami dehidrasi (kekurangan air).

7. Minum Dari Botol Anda Sendiri
Sediakan satu botol besar air putih untuk diminum seharian. Jika anda mentargetkan minum 2 liter air sehari maka sediakan satu botol plastik ukuran 2 liter (atau 2 botol ukuran 1 liter) berisi air putih. Minum air dari botol anda sendiri sedikit demi sedikit secara wajar dengan dituang ke dalam gelas. Jika anda bepergian, bawalah sebagian air dari botol tersebut untuk dihabiskan selama anda bepergian. Jika air dalam botol tersebut tidak habis, jangan memaksakan diri untuk menghabiskan sisanya sekali minum. Jika anda belum bisa memenuhi target, setidaknya anda bisa melihat seberapa dekat anda dengan target (seberapa banyak sisa air yang tidak anda habiskan).

8. Minum Air Putih Saat Makan
Waktu makan adalah saat yang paling krusial untuk minum. Banyak sekali orang yang minum hanya pada saat makan. Anda pasti ingin minuman tersedia bersama hidangan pada waktu makan. Minumlah air putih pada saat makan minimal satu gelas. Jika anda punya kebiasaan hanya minum pada saat makan, minumlah setidaknya 2 gelas air putih, satu gelas sebelum makan dan satu gelas setelah makan.

9. Buat Jadual Minum
Banyak orang yang hanya minum pada saat haus atau pada saat makan. Meskipun mereka ingin minum lebih banyak, mereka sering lupa dan tidak disiplin. Membuat jadual waktu minum dapat membantu anda menambah frekuensi minum agar lebih sering. Anda bisa membuat jadwal  minum berdasarkan aktivitas misalnya: setiap mau tidur, setiap bangun tidur, setiap habis buang air kecil, setiap mau berangkat, dsb. Anda juga bisa membuat jadual minum berdasar waktu misalnya: setiap jam 9 malam, setiap jam 2 siang, setiap jam 5 sore, dsb.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *