Apa itu Tekanan Darah (Tensi Darah)?

Tuesday, January 31st 2012. | Kesehatan
Share

Pengertian tensi darah - VistaBundaDotCom

Tekanan darah adalah besarnya gaya dorong darah pada dinding pembuluh darah arteri. Angka tekanan darah dinyatakan dalam satuan mmHg (millimeter raksa atau millimeter merkuri). Tekanan darah hanya bisa diketahui melalui pengukuran menggunakan alat ukur tekanan darah yang secara umum disebut tensimeter.

Hasil pengukuran tekanan darah dinyatakan dalam dua besaran yaitu tekanan sistolik dan tekanan diastolik, dan dinyatakan sebagai [angka sistolik]/[angka diastolik] misalnya angka tekanan darah anda  120/80 artinya tekanan sistolik 120 mmHg dan tekanan disatolik 80 mmHg.

Tekanan sistolik yang sering disebut tekanan atas atau tensi atas adalah tekanan darah maksimum yang merupakan hasil pengukuran tekanan darah saat jantung sedang berkontraksi (berdenyut).

Tekanan diastolik yang sering disebut tekanan bawah atau tensi bawah adalah tekanan darah minimum yang merupakan hasil pengukuran tekanan darah saat jeda antara satu denyut jantung dengan denyut jantung berikutnya.

Tekanan darah tidak sama setiap saat. Tekanan darah dapat berubah-ubah setiap saat berdasarkan kebutuhan tubuh. Perubahan tekanan darah tersebut dipengaruhi beberapa faktor antara lain posisi tubuh, kondisi pernapasan, kondisi emosi, dan aktivitas tubuh.

Jika suatu saat dokter yang memeriksa tekanan darah anda mendapatkan bahwa tekanan darah anda terlalu tinggi, anda mungkin akan ditanya mengenai apa aktivitas yang anda lakukan beberapa saat sebelumnya. Dokter mungkin juga akan meminta anda untuk menjalani pengukuran ulang di lain waktu, untuk memastikan apakah kondisi tekanan darah tinggi tersebut adalah kondisi stabil atau hanya sesaat.

tags: