8 Tips Mencegah Kantuk di Siang Hari

Share

Mencegah kantuk siang hari - VistaBundaDotCom

Mengantuk di siang hari dapat mengganggu berbagai aktivitas sehingga mengurangi produktivitas. Bagaimana cara untuk mencegah kebiasaan mengantuk di siang hari? Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menghindari mengantuk di siang hari. Berikut beberapa tips sederhana mencegah kantuk di siang hari.

1. Tidur yang Cukup
Mengantuk di siang hari seringkali disebabkan karena anda tidak mendapatkan tidur yang cukup. Usahakan untuk tidur dalam durasi yang cukup agar tubuh mendapatkan waktu istirahat yang layak.

2. Terapkan Pola Tidur yang Sehat
Kualitas tidur anda dapat mempengaruhi kebugaran tubuh. Meskipun anda tidur cukup lama tetapi jika tidak cukup nyenyak (misalnya sering terbangun), anda mungkin kan tetap mengantuk keesokan harinya. Hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu tidur seperti menonton TV saat tidur, banyak minum sebelum tidur, banyak minum kafein, dsb.

3. Makan Teratur

Makan secara teratur memberikan energi kepada tubuh secara berkesinambungan. Makan teratur juga membantu keteraturan jam biologis dalam tubuh kita yang berperan mengendalikan waktu lapar, waktu tidur, waktu bangun, waktu BAB, dsb.

4. Berolahraga Teratur
Olahraga secara rutin dapat membantu meningkatkan kebugaran tubuh dan menciptakan pola tidur yang sehat. Orang yang rajin berolahraga cenderung tidak mudah capek dan dapat tidur nyenyak.

5. Hindari Aktivitas Berlebihan
Hindari beraktivitas secara berlebihan. Aktivitas fisik atau aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi akan menghabiskan banyak energi. Gunakan waktu istirahat untuk rileks dan bercengkrama.

6. Atasi Stress Secara Positif

Mengantuk dapat merupakan gejala kelelahan mental. Cobalah mengatasi stress secara positif misalnya dengan latihan peregangan (stretching), mendengarkan musik, bercanda, dsb.

7. Makan Snack atau Minum Minuman yang Sehat
Badan lesu dan mengantuk dapat merupakan gejala tubuh kurang energi. Dapatkan energi tambahan dengan mengkonsumsi snack sehat seperti kacang-kacangan, buah, atau jus.

8. Minum Cukup Air

Tubuh lesu dan mengantuk bisa jadi merupakan gejala dehidrasi (kekurangan air). Hidrasi tubuh dengan minum air putih, jus, teh hijau, atau makan buah yang banyak mengandung air.