8 Sayuran yang Meningkatkan Kemampuan Otak

Share

Otak adalah organ yang penting dalam tubuh kita yang bekerja setiap saat mengkoordinasi semua aktivitas tubuh. Sebagaimana organ tubuh lainnya, kesehatan dan kinerja otak dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Sayuran adalah penyedia zat gizi yang sangat penting bagi tubuh, terutama vitamin dan mineral. Beberapa jenis sayuran dikenal sebagai makanan super untuk otak karena sangat bermanfaat bagi kesehatan otak dan dapat meningkatkan kecerdasan. Berikut beberapa jenis sayuran yang dapat meningkatkan kemampuan otak.

1. Bayam
Sayuran berdaun hijau ini mengandung nutrisi yang berkhasiat mencegah demensia antara lain folat, vitamin E dan vitamin K. Nutrisi tersebut memperlambat efek berkurangnya fungsi otak yang berkaitan dengan usia dan membantu melindungi otak dari stress okdidatif.

2. Ubi Jalar
Ubi jalar atau ketela rambat atau ubi rambat kaya nutrien (zat gizi) karbohidrat, vitamin B6, dan antioksidan yang berperan membantu tubuh membersihkan darah dan meningkatkan kemampuan otak.

3. Wortel
Wortel merupakan sumber vitamin B, vitamin C, dan beta karoten yang membantu tubuh meningkatkan memori dan fungsi otak serta memperlambat tanda-tanda penuaan.

4. Terong
Kulit terong mengandung nutrien (zat gizi) yang disebut nasunin yang membantu meningkatkan kemampuan komunikasi sel-sel otak.

5. Tomat
Tomat mengandung licopene yang membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada sel-sel tubuh seperti yang terjadi pada penyakit demensia khususnya penyakit Alzheimer.

6. Brokoli
Brokoli kaya vitamin K yang diketahui meningkatkan fungsi kognitif dan meningkatkan kemampuan otak. Brokoli juga membantu memperlambat efek penuaan.

7. Kubis Merah
Kubis merah atau kol merah (kadang disebut juga kubis ungu atau kol ungu) kaya antioksidan yang disebut polifenol  yang berperan yang mengurangi kerusakan sel , yang sangat berguna untuk mencegah dan mengobati Alzheimer.

8. Bawang Putih
Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Bawang putih juga bermanfaat dalam memperlancar sirkulasi darah karena membantu menurunkan kolesterol dan memperkuat sistem kardiovaskular.

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *