8 Manfaat Vitamin C

Share

Manfaat vitamin C - VistaBundaDotCom

Vitamin C atau nama lainnya asam askorbat merupakan vitamin yang paling terkenal di antara nutrien dari kelompok vitamin. Vitamin C adalah salah satu vitamin yang dapat larut di dalam air, sehingga vitamin ini tidak bisa bertahan lama di dalam tubuh. Sumber utama vitamin C dari bahan makanan alami adalah buah-buahan dan sayuran. Contoh buah-buahan yang terkenal sebagai sumber vitamin C antara lain jeruk, mangga, pepaya, strawberi, nanas, anggur, semangka dan lain sebagainya. Contoh sayuran yang terkenal sebagai sumber vitamin C antara lain tomat, brokoli, paprika, kol, ubi jalar, dan lain sebagainya. Beberapa bahan makanan olahan juga banyak yang diperkaya dengan vitamin C. Apa manfaat vitamin C bagi kesehatan? Berikut beberapa manfaat vitamin C atau asam askorbat bagi kesehatan.

1. Menangkal Radikal Bebas
Vitamin C dikenal memiliki khasiat antioksidan yang dapat menangkal reaktivitas radikal bebas. Radikal bebas dapat menyerang sel dan menyebabkan kerusakan oksidatif yang mengakibatkan penuaan dini sel bahkan bisa menyebabkan mutasi sel.

2. Membangun Jaringan
Tubuh kita membutuhkan vitamin C untuk menghasilkan kolagen yang terdapat pada struktur tulang, gigi, kulit, ligamen, tendon, dan tulang rawan.

3. Meningkatkan Imunitas
Vitamin C banyak dikenal sebagai vitamin yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena vitamin C turut berperan membantu fungsi sel darah putih dalam melawan penyakit.

4. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular
Vitamin C diketahui bermanfaat membantu sirkulasi darah sehingga mengurangi resiko aterosklerosis (penebalan dan pengerasan dinding pembuluh arteri oleh timbunan lemak). Aterosklerosis bisa mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung dan stroke.

5. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan
Vitamin C berguna untuk menghasilkan kolagen yang diperlukan untuk melindungi saluran pencernaan. Selain itu vitamin C juga berkhasiat  mencegah gangguan pencernaan karena bakteri Helicobacter pylori.

6. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gusi
Mencukupi kebutuhan vitamin C bermanfaat menjaga kesehatan mulut dan gusi. Kekurangan asupan vitamin C bisa menyebabkan mulut kering,  gejala radang gusi dan gusi berdarah.

7. Membantu Metabolisma
Vitamin C juga bermanfaat membantu metabolisma tubuh untuk menghasilkan energi. Vitamin C diketahui ikut membantu tubuh menghasilkan dopamine dalam sistem syaraf serta membantu fungsi adrenal tubuh untuk mendukung proses metabolisma tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Kulit
Khasiat antioksidan vitamin C bermanfaat mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Vitamin C juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit karena meningkatkan sirkulasi darah yang membawa nutrisi ke jaringan kulit. Vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen pada jaringan kulit.