8 Manfaat Makan Kacang Merah

Share

Manfaat makan kacang merah - VistaBundaDotCom

Kacang merah adalah salah satu jenis legume yang sangat terkenal di seluruh dunia. Biji kacang ini biasa ditambahkan pada berbagai jenis masakan. Warnanya yang merah hati juga dapat membuat kombinasi campuran makanan menjadi lebih menarik. Kacang merah banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi karena kacang ini mengandung banyak zat gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi kacang merah.

1. Membentuk Otot
Kacang merah kaya akan protein nabati yang sangat bermanfaat untuk pembentukan otot.

2. Memperkuat Kekebalan Tubuh
Kacang merah mengandung 8 asam amino esensial. Asam-asam amino tersebut berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan
Kacang merah mengandung serat pangan (dietary fiber) yang membantu melancarkan pencernaan sehingga menjaga kesehatan saluran pencernaan.

4. Menguatkan Tulang
Kacang merah mengandung kalsium yang sangat diperlukan untuk memperbarui tulangĀ  sehingga mencegah tulang keropos (osteoporosis).

5. Mencegah Anemia
Salah satu penyebab anemia (kurang darah) yang umum adalah kurangnya asupan zat besi dari makanan. Kacang merah mengandung zat besi yang bermanfaat mencegah anemia.

6. Menurunkan Kolesterol
Kacang merah mengandung serat larut (soluble fiber) yang berperan mengurangi serapan kolesterol (dari makanan yang dicerna) oleh usus.

7. Mengendalikan Glukosa Darah
Serat pangan yang terdapat dalam kacang merah berperan memperlambat metabolisma karbohidrat menjadi glukosa, sehingga mengendalikan glukosa darah. Glukosa darah terlalu tinggi menyebabkan diabetes.

8. Detoksifikasi Tubuh

Kacang Merah mengandung mineral molibden. Mineral ini membantu detoksifikasi (menghilangkan racun) sulfit yang biasa terdapat dalam makanan sebagai pengawet.