8 Manfaat Bangun Lebih Pagi

Share

Manfaat bangun lebih pagi - VistaBundaDotCom

Umumnya orang suka bangun pagi untuk memulai aktivitas dengan lebih rileks dalam kondisi tubuh lebih segar. Namun, ada sebagian orang tidak suka bangun pagi karena malas untuk memulai aktivitas. Padahal bangun lebih pagi dapat memberikan banyak manfaat. Jika anda termasuk orang yang malas untuk bangun pagi, beberapa manfaat berikut mungkin dapat mendorong anda mengubah kebiasaan tersebut.

1. Waktu yang Baik untuk Berolahraga
Olahraga disarankan dilakukan secara teratur setiap hari. Pagi hari adalah waktu yang baik untuk berolahraga di saat badan masih segar dan anda belum memulai aktivitas harian.

2. Menyiapkan Makanan Sehat
Cara terbaik untuk mendapatkan makanan yang yang cocok bagi perut anda dan terjamin kualitasnya adalah dengan memasak sendiri makanan anda. Hal ini hanya mungkin dilakukanĀ  jika anda bangun lebih pagi. Jika anda bangun kesiangan, anda cenderung mencari cara termudah dan tercepat untuk menyiapkan makanan misalnya dengan memasak makanan cepat saji.

3. Sarapan
Sarapan atau makan pagi sangat bermanfaat untuk meningkatkan laju metabolisma tubuh. Jika anda bangun kesiangan, anda mungkin tidak sempat untuk sarapan di rumah.

4. Beraktivitas Lebih Rileks
Jika anda bangun kesiangan, anda akan terburu-buru melakukan segala hal. Anda juga khawatir akan terlambat ke tempat kerja atau tempat beraktivitas lainnya. Bangun lebih pagi membuat anda memiliki cukup waktu untuk melakukan segala hal dengan lebih rileks.

5. Meningkatkan Produktivitas
Jika anda memiliki usaha sendiri atau bekerja tanpa terikat waktu (penulis, desainer, programmer, komposer, dsb) anda dapat memulai pekerjaan lebih awal sehingga meningkatkan produktivitas.

6. Menemukan Waktu Luang
Jika anda sulit untuk menemukan waktu luang untuk melakukan aktivitas yang anda sukai seperti membaca buku, membuka internet, merawat tubuh, dsb, anda bisa melakukannya pagi hari sebelum anda melakukan aktivitas rutin anda.

7. Mendapatkan Ketenangan
Bangun lebih pagi membuat anda memiliki kesempatan untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan ketenangan seperti belajar, beribadah, yoga, menulis, dsb.

8. Membuat Pola Tidur yang Sehat
Jika anda biasa bangun teratur, maka anda juga akan tidur teratur. Tubuh kita memiliki jam biologi yang mengelola waktu berdasarkan kebiasaan. Bangun lebih pagi membuat pola tidur lebih teratur. Jika anda menunda waktu bangun, bisa jadi tubuh anda sudah mendapatkan istirahat yang lebih dari cukup. Tidur berlebihan membuat anda sulit tidur di malam berikutnya.