7 Penyebab Kulit Kering

Share

Meskipun seringkali masalah kesehatan kulit biasanya tidak berbahaya, namun kesehatan kulit sangat penting dan menentukan dalam penampilan fisik seseorang. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi adalah kulit kering. Kulit kering dapat disebabkan banyak hal. Berikut beberapa penyebab masalah kulit kering yang paling umum,

1. Panas Matahari
Sering berada di bawah panas matahari dapat menyebabkan kulit kering. Hal ini disebabkan panas matahari dapat mengurangi minyak alami kulit.

2. Udara Dingin
Udara dingin cenderung lebih kering (sedikit mengandung uap air) sehingga dapat menyebabkan kulit kehilangan kelembaban. Tinggal di derah subtropis pada musim dingin atau sering berada di ruangan dengan AC, dapat menyebabkan kulit kering.

3. Menggosok Kulit dengan Kasar
Menggosok kulit dengan handuk kasar atau sepon kasar dapat menyebabkan kerusakan lapisan luar kulit, sehingga kulit menjadi kasar dan kering.

4. Mandi dengan Air Panas dari Shower
Mandi dengan air terlalu panas dapat merusak permukaan kulit luar, sehingga menghilangkan lapisan penahan kelembaban kulit. Mandi dengan air yang terlalu panas seringkali terjadi tanpa disadari saat mandi menggunakan shower dengan semprotan halus.

5. Usia
Pada usia di atas 50 tahun, kulit mulai mengalami perubahan fisik. Saat usia tua, epidermis kulit menjadi lebih tipis dan bagian kulit yang menahan air yang disebut stratum corneum mulai berkurang daya simpannya.

6. Penyakit
Penyakit kulit seperti atopic dermatitis dan psoriasis dapat menyebabkan kulit kering. Penyakit gangguan kelenjar tiroid juga dapat menyebabkan kulit rusak dan kering.

7. Kurang Nutrisi
Sel-sel kulit memerlukan protein, lemak, vitamin dan mineral untuk mempertahankan kulit yang lembut, berisi dan fleksibel. Kekurangan nutrisi tertentu dapat menyebabkan gangguan kesehatan kulit yang membuat kulit kering.