5 Manfaat Minum Teh Hijau untuk Kesehatan

Share

Teh hijau telah lama diminum dan dianggap memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa teh hijau mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh.

1. Mencegah Penyakit Jantung, Stroke dan Diabetes
Teh hijau terbukti melawan obesitas (kegemukan) dan menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), dua faktor resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.

2. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah dan Sirkulasi Darah
Teh hijau mengandung antioksidan yang bersifat dilator yaitu meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga mengurangi resiko penyumbatan pembuluh darah. Antioksidan juga berperan dalam mencegah penggumpalan darah dan aterosclerosis.

3. Mencegah Kanker
Teh hijau mengandung zat antioksidan yang disebut catechin. Antioksidan berperan membantu tubuh mengatasi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh yang dapat menyebabkan kanker. Beberapa studi menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau secara teratur dapat mengurangi resiko kanker perut, kanker kerongkongan, kanker prostat, kanker pankreas, dan kanker kolorektal.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan
Studi juga menunjukkan teh membantu menurunkan berat badan karena membantu meningkatkan laju metabolisma tubuh dan membantu membakar lemak. Ekstrak teh hijau telah digunakan sebagai bahan suplemen mengurangi berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut
Teh hijau mengandung vitamin C dan vitamin E, yang bermanfaat menyehatkan kulit serta menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala.