10 Tips Cara Aman Menggunakan Oven Microwave

Monday, April 16th 2012. | Gadget
Share

Oven microwave adalah gadget dapur yang semakin populer dan telah menjadi bagian penting dapur modern. Oven microwave adalah alat yang istimewa karena  dapat memasak tanpa bahan bakar dan api dalam waktu yang sangat singkat. Oven microwave harus digunakan secara benar agar tidak membahayakan pengguna atau merusak makanan yang dimasak. Berikut beberapa tips menggunakan oven microwave secara aman.

  1. Ikuti instruksi penggunaan oven microwave pada buku manual mengenai prosedur penggunaan dan peringatan potensi bahaya terhadap penggunaan oven microwave.
  2. Gunakan kabel asli bawaan produk oven microwave. Hubungkan kabel langsung dengan outlet sumber listrik di tembok, jangan menggunakan kabel ekstensi (sambungan).
  3. Letakkan oven  microwave di atas meja terbuka, beri jarak minimal 10 cm dari tembok/dinding. Jangan meletakkan oven microwave di bibir meja, sediakan sedikit ruang terbuka di depan oven.
  4. Gunakan wadah makanan yang aman untuk oven microwave. Banyak produk wadah makanan yang mencantumkan  label “aman untuk oven microwave” atau “microwave-save”. Wadah yang tidak cocok untuk oven microwave dapat meleleh, berubah bentuk atau terurai bahan kimianya yang dapat tercampur dengan makanan atau menguap sebagai gas/uap yang membahayakan.
  5. Jangan memasak makanan dalam kemasan atau wadah yang tertutup rapat. Jika makanan dalam kemasan tertutup, buka sebagian tutup atau lubangi bagian atas kemasan supaya udara panas atau uap yang terbentuk dapat keluar dan tidak menyebabkan kemasan meledak atau saat dibuka menyemburkan uap panas.
  6. Jangan memanaskan air atau bahan cair lainnya terlalu lama melebihi waktu yang direkomendasikan produsen untuk menghindari terjadinya superheating. Superheating dapat terjadi jika air dipanaskan terlalu lama. Air yang mengalami superheating akan muncrat saat dipindahkan dari oven microwave.
  7. Oven microwave dapat membuat makanan mengembang. Bahan makanan kedap dalam bentuk utuh seperti tomat, kentang, hati ayam, sosis, dan hotdog dapat meletus. Untuk menghindari hal tersebut buat beberapa lubang pada permukaan makanan tersebut dengan ditusuk atau diiris.
  8. Beberapa bahan makanan dalam kemasan mencantumkan cara memasaknya dengan oven microwave. Baca dan ikuti instruksi tersebut dengan seksama.
  9. Selalu gunakan sarung tangan oven untuk mengeluarkan makanan yang baru saja matang dari oven microwave.
  10. Jangan melakukan aktivitas atau mengoperasikan alat bermesin seperti blender, juicer atau mixer terlalu dekat dengan oven microwave yang sedang beroperasi.
tags: ,